Peranan Aktivitas Menggambar dengan Keterampilan Matematika Anak TK

Elis Komalasari

Skripsi

Menggambar diyakini mampu mengungkapkan ide/gagasan, perasaan, pengetahuan dan pengalaman yang dimiliki anak melebihi kemampuan verbal. Melalui menggambar, anak-anak menyalurkan ide, cara pandang dan konsep-konsep sederhana yang mereka miliki, salah satunya adalah ide dan konsep matematika. Selama ini, banyak orang tua dan orang dewasa tidak memahami gambar anak dan mengganggap menggambar sebagai aktivitas yang tidak mengandung pemahaman berarti sehingga orang dewasa tidak mampu menangkap ide/gagasan dalam gambar yang salah satunya adalah ide/gagasan matematika. Pertanyaannya adalah bagaimana peranan aktivitas menggambar dalam mengembangkan keterampilan matematika?.

Peranan aktivitas menggambar dalam mengembangkan keterampilan matematika telah diteliti melalui pendekatan kualitatif dengan metode penelitian deskriptif. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh pemahaman bahwa perkembangan menggambar anak mengikuti suatu pola (periodisasi). Sebagai sarana pengungkapan ide/gagasan, terdapat visualisasi keterampilan matematika dalam gambar anak, antara lain: visualisasi kepekaan geometri dan spasial, visualisasi pola, visualisasi pengukuran dan visualisasi display dan analisis data.

Aktivitas menggambar memiliki peranan sebagai sarana ungkapan inner potency matematika yang dimiliki oleh anak. Setiap anak mampu mengembangkan inner potency matematika pada saat menggambar. Selain itu, aktivitas menggambar memiliki peranan sebagai proses matematisasi pada anak dimana menggambar dapat dijadikan sebuah cara untuk menghantarkan matematika menjadi sesuatu yang dekat dengan dunia anak.

Pendidikan Taman Kanak-Kanak dapat memanfaatkan aktivitas menggambar sebagai program pembelajaran dalam meningkatkan keterampilan matematika anak. Menggambar merupakan aktivitas informal namun memiliki potensi yang besar untuk mengembangkan keterampilan matematika.

About these ads
This entry was published on March 17, 2010 at 6:00 am. It’s filed under Penelitian and tagged , , . Bookmark the permalink. Follow any comments here with the RSS feed for this post.

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s

Follow

Get every new post delivered to your Inbox.

%d bloggers like this: